Kamis, 18 Mei 2017

Ulasan 1 - How Computer Memory Works




Video yang akan saya ulas kali ini berjudul "How Computer Memory Works" diambil dari kanal Youtube Ted-ed dengan video author Kanawat Senanan, video dengan url 
https://youtu.be/p3q5zWCw8J4  berdurasi 5 menit 4 detik, diunggah pada 10 May 2016 dan telah ditonton oleh lebih dari 570.881 kali. 
            Komputer memiliki short-term memory untuk pengerjaan tugas tugas cepat atau jangka pendek dan long-term memory untuk penyimpanan permanen. Ketika melakukan suatu instruksi, CPU akan mengalokasikan memori pada short-term memory atau mengakses lokasi memory untuk mengambil bit-bit data, dan karena short-term memory sangat sering digunakan secara kontinu dan relative pada waktu singkat, lokasi pada short term memory harus dapat diakses secara acak, maka disebut Random Access Memory (RAM). RAM yang umum digunakan salah satunya adalah Dynamic RAM atau DRAM. Tiap-tiap memory cell terdiri atas transistor dan kapasitor yang menyimpan daya listrik. Memory tersebut disebut dinamis karena memerlukan daya listrik untuk mempertahankan data.

            Selain DRAM, ada penyimpanan jangka pendek lain yang disebut Cache. Cache adalah internal memory berkecepatan tinggi yang terbentuk dari Static RAM (SRAM). SRAM adalah memory tercepat dalam sistem computer tapi juga yang termahal dan memakan tempat tiga kali dari DRAM. DRAM dan Cache hanya mampu menyimpan data selama ada daya listrik yang mengalirinya, ketika listrik mati maka data didalamnya akan hilang. Oleh karena itu, data perlu disimpan dalam long-term memory. Long term memory terbagi menjadi tiga tipe :
1. Magnetic Storage : termurah, data disimpan dalam bentuk magnetic pattern pada disc yang dilapisi magnetic film. Disc harus diputar untuk mengakses lokasi dimana data disimpan, yang mana memerlukan waktu (latency) 100,000 kali lebih lama dari DRAM.
2. Optical Based-Storage : murah dan dapat dipindah (removable), bit disimpan dengan diencode menjadi spot gelap-terang menggunakan tinta khusus yang bisa dibaca dengan laser. Jenis penyimpanan ini menggunakan spinning disc juga, tapi dengan lapisan reflektif. Memiliki kapasitas lebih kecil dan Latency lebih lambat dari magnetic storage.
3. Solid-state drives : long-term memory terbaru, tercepat (contohnya, flash disk). SSD juga punya kekurangan, jika menulis berulang-ulang pada floating gate transistor lama kelamaan akan membuatnya berkarat yang pada akhirnya dapat merusah SSD. Data hanya bisa disimpan kurang dari 10 tahun.
                                    


Pendapat:
Saya sangat menyukai penggambaran visual dari video ini, illustrasi dan penjelesannya mudah dicerna. Setelah menonton video ini saya lebih memahami tentang jenis-jenis memory, yaitu Short-term yang memerlukan daya listrik untuk menyimpan data (volatile) dan long-term memory yang dapat menyimpan data jangka panjang, meskipun masih memiliki kekurangan dalam segi bahan material sehingga ada kemungkinan rusak dan tetap tidak bisa menyimpan data untuk selama-lamanya.


Github Accoount : adzkiakia
URL Ulasan : http://osissofun.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-1-how-computer-memory-works.html
URL Video : https://youtu.be/p3q5zWCw8J4
Durasi : 5 menit 4 detik
Video Author : Kanawat Senanan
Pemetaan : week05
Revisi pertama : 19 Mei 2017
Revisi terakhir : 19 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rangking02

----------------------------------------- RANKING06 ULASAN PESERTA OS 2017-1 ----------------------------------------- 1 [W02-016] 38...